;

Cara Install phpbb di komputer lokal

Posted by just for sharing on Rabu, 28 Desember 2011

nah selamat datang kembali teman-teman. kali ini saya akan menjelaskan langkah-langkah menginstal phpbb di komputer lokal. tulisan ini karena ada pertanyaan dari salah satu teman saya loh si bibi panggilannya. nama nya sih himawan wibisono.
hahahaha jadi curhat.
langsung aja yuuk ! ini langkah-langkahnya :
1. Download dahulu phpbb dan xampp gratis!
2. Install xampp di komputer anda, kali saya menggunakan xampp versi 1.7.3


3. Setelah xampp terinstall, selanjutnya adalah meng-extract phpbb.zip yang telah kita download. Phpbb milik saya adalah phpBB-3.0.9 ketika di extract nama foldernya menjadi phpBB3.

4. setelah itu masuk ke drive C:\xampp\htdocs, dan buat folder baru sesuai terserah kita. saya buat dengan nama "portal"
5. copykan seluruh yg ada di dalam folder phpbb yang kita extract tadi ke dalam folder yg baru kita buat :)
6. Setelah itu, jalankan XAMPP Control Panel dan aktifkan Apache dan Mysql dengan cara klik tombol start.

7. Buka browser, misalnya Mozilla firefox. Kita akan membuat database untuk phpbb. Ketikan http://localhost/phpmyadmin/ pada address bar. Lalu pada kolom Create new Database ketikan nama database sesuai kehendak anda, misalnya adalah phpbb_db dan klik tombol create.

Apabila berhasil akan muncul pesan Database phpbb_db has been created. dan berarti kita telah membuat database untuk phpbb kita :)
8. Selanjutnya adalah installasi phpbb. Ketikan http://localhost/portal pada address bar. maka akan muncul halaman intastallasi. Silahkan klik install.

9. klik proceed to the next step
10. klik start install

11. Dalam halaman Database Configuration, database type mysql, Database server hostname or DSN: localhost , Database name: phpbb_db(nama database yang telah kita buat sebelumnya), Database username: root, Database password: (biarkan kosong), Prefix for tables in database: (biarkan default). Klik Proceed to next step

12. lanjutkan klik procees to next step

13. isi form administrator, klik proceed to next step
14. hingga menemukan alamat setting seperti dibawah ini , biarkan default dan klik proceed to next step

hingga phpbb berhasil di install

klik login !

15 Langkah yang terakhir adalah demi alasan keamanan, kita harss menghapus direktori install yang ada di folder portal, C:\xampp\htdocs\portal.

nah selesai deh .
selanjutnya tugas kita adalah mengeksplorasikan fitur-fitur nya.
selamat mencoba !
semoga bermanfaat